Wisata Edukasi

Wisata edukasi adalah program Labschool dimana siswa belajar di luar kelas. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2017. Pada tahun ini, angkatan 26 pergi ke Puspiptek Serpong dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sana, kami tidak hanya jalan-jalan. Kami juga belajar hal-hal baru. Siswa-siswi menikmati wisata edukasi ini. Acara berjalan dengan lancar mulai dari awal sampai akhir. Kami ditugaskan untuk membuat video dokumentasi tentang wisata edukasi kami ini.
Tanggal 19 Oktober 2017, tepatnya hari Kamis. Seluruh siswa-siswi kelas 7 diminta untuk berkumpul di sekolah pada jam 6.30 pagi dengan memakai seragam batik Labschool, karena akan melaksanakan apel pembukaan. Pada jam 07.00 pagi, apel pembukaan telah selesai. Siswa-siswi kelas 7 diarahkan untuk masuk ke bus sesuai kelas masing-masing. Setelah semua masuk ke bus masing-masing, kami menuju tujuan pertama, yaitu Puspiptek. Ditengah perjalanan, kami dibagikan lembar kerja siswa tentang Puspiptek dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Perjalanan menuju Puspiptek Serpong memakan waktu satu setengah jam. Pada pukul 08.30, kami sampai di Puspiptek Serpong. Kami langsung menuju hall Puspiptek. Di hall Puspiptek, kami mendapat sambutan dan arahan. Kami juga diminta untuk mengajukan 3 pertanyaan. Lalu, kami diminta untuk mengunjungi salah satu laboratorium di Puspiptek. Masing-masing kelas mengunjungi laboratorium yang berbeda. Untuk pergi ke laboratorium tersebut, kami harus menggunakan bus lagi. Perjalanan ke laboratorium memakan waktu yang sangat singkat, yaitu hanya 5 menit. Kelas 7E mendapat bagian mengunjungi laboratorium BPPT.
Di laboratorium BPPT, kami diharuskan untuk memakai jas lab dan membawa papan jalan dan alat tulis. Kami juga harus mengerjakan lembar kerja siswa yang sudah dibagikan. Kami harus mendengarkan materi yang dikatakan oleh pengarah, agar kami dapat mengerjakan lembar kerja siswa tersebut dengan benar. Kami ditunjukkan berbagai macam teknologi-teknologi tentang kendaraan. Tidak lama kemudian, pengarahan selesai. Kami mengajukan beberapa pertanyaan dari lembar kerja siswa yang belum terjawab. Setelah itu, kami kembali ke dalam bus. Lalu, kami memulai perjalanan ke tujuan selanjutnya, yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ditengah perjalanan, kami mendapatkan makan siang.
Perjalanan menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memakan waktu lebih lama daripada perjalanan pertama, yaitu menuju Puspiptek. Sekitar pukul 12.00, bus 7E sudah sampai di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kami langsung menuju masjid untuk melaksanakan solat. Kami juga mengganti seragam batik Labschool dengan baju angkatan di masjid. Dimasjid, sudah banyak siswa-siswi kelas 7 yang melaksanakan solat. Setelah, melaksanakan solat, kami masuk ke bus lagi dan menuju Skyworld.
Di Skyworld, seluruh siswa-siswi kelas 7 diarahkan untuk masuk ke auditorium Skyworld. Disana kami mendapat sambutan. Setelah mendapat sambutan, kami diajak untuk menonton film tentang luar angkasa. Dari film itu, kami dapat menjawab beberapa soal dari lembar kerja siswa. Setelah menonton film, kita berbaris untuk masuk ke Skyworld. Disana, banyak sekali pengetahuan-pengetahuan tentang dunia luar angkasa. Ada juga miniatur dan patung. Dari gambar-gambar dunia luar angkasa itu, kami dapat menjawab beberapa soal yang tersisa dilembar kerja siswa.
Setelah itu, kami harus mengantre untuk menonton 4D. Sambil mengantre, kami mendapat camilan berupa pizza. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya giliran kami untuk menonton 4D. 4D sangatlah seru dan mengasyikan. Saat setelah menonton 4D, hujan turun. Dari 4D, kami pergi ke tempat untuk membeli makanan. Namun, kami hanya sebentar di tempat membeli makanan tersebut. Kami langsung disuruh naik keatas tangga. Diatas, ternyata kita menonton film tentang zodiak sebesar 360 derajat. Disana gelap, tetapi sangat seru.
Rencananya, setelah ini, kami akan ke Museum Air Tawar. Namun, dikarenakan hujan turun dengan sangat deras, dan hari semakin gelap. Kami tidak jadi pergi ke Museum Air Tawar, dan memutuskan untuk langsung pulang. Sebelum pulang, kami mampir ke masjid untuk melaksanakan solat maghrib. Bus berhenti di depan masjid. Kami harus basah-basahan untuk masuk ke masjid. Lalu, kami melaksanakan solat berjamaah. Seluruh siswa-siswi 7E sudah masuk ke bis. Kami keluar dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan menuju SMP Labschool Jakarta, karena seluruh siswa-siswi kelas 7 akan dijemput di sekolah.
Sesampainya di sekolah, para orangtua sudah menunggu anak-anaknya. Kami sampai sekitar jam 08.00 malam. Seluruh siswa-siswi kelas 7 tentunya sudah lelah. Wisata edukasi ini sangat seru. Tidak akan pernah ada yang melupakannya. Besok jumat kami tetap masuk untuk mengedit video dokumentasi yang sudah kami rekam menggunakan kamera atau ponsel. Kami akan mengedit video tersebut denga kelompok kami masing-masing. Kelompok tersebut sudah dibentuk beberapa hari sebelum wisata edukasi. Setelah mengedit video, kita akan mempresentasikannya. Video paling bagus akan mendapat apresiasi dari sekolah.